Musim Hujan Tiba, Lakukan Hal Berikut Agar Dinding Tidak Rembes

Musim Hujan Tiba, Lakukan Hal Berikut Agar Dinding Tidak Rembes

musim hujan tiba, lakukan hal berikut agar dinding tidak rembes 

 

Musim hujan sudah tiba, masalah rumah pun mulai berdatangan. Mulai dari saluran air, atap bocor dan yang paling sering dialami adalah dinding lembap dan rembes. Agar kondisi rumah tetap aman dan nyaman selama musim hujan, ada baiknya kamu lakukan beberapa pemeriksaan terkait kondisi rumah, sehingga masalah seperti dinding rembes dapat terhindarkan dan tidak merusak estetika warna cat serta perabotan di rumah.

Cek kondisi kusen pintu dan jendela

cek kondisi kusen pintu dan jendela 

Jangan lalai untuk mengecek kondisi atap untuk menghindari kebocoran. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa kusen pada pintu maupun jendela, karena kusen juga bisa menyebabkan rembes di sela-sela pintu atau jendela saat hujan deras. Jadi, ada baiknya kamu pilih kusen dengan ukuran tepat agar terhindar dari masalah bocor maupun rembes yang dapat merusak warna cat pada dinding.

Perhatikan sirkulasi udara

perhatikan sirkulasi udara 

Kondisi ventilasi udara yang kurang baik dapat menyebabkan keropos atau rembes. Sebaiknya perhatikan sirkulasi udara rumahmu. Jika kurang baik, tambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau bagian bawah genting. Hal ini bisa membuat kerangka atap kering, sirkulasi udara lancar dan terhindar dari masalah rembes.

Baca Juga: Jaga Kualitas Dinding di Musim Hujan dengan No Drop 

Jangan biarkan area dinding yang rentan lembap dan rembes

jangan biarkan area dinding yang rentan lembap dan rembes 

Ketika dinding rumah lembap, itu disebabkan karena kondisi jamur di area dinding. Ini yang akan terjadi saat kamu membiarkan dinding terus menerus rembes. Apalagi saat kamu salah memilih cat yang kurang tepat. Apabila dinding di rumahmu sudah ada yang berjamur, sebaiknya segera bersihkan hingga bersih, lalu lakukan pengecatan ulang dengan pilihan cat yang tepat.

Plester dinding eksterior

plester dinding eksterior 

Rembes bisa terjadi dari dinding bagian luar yang langsung berhadapan dengan hujan dan dinding yang belum diplester. Meski dinding yang belum diplester membuat kesan vintage, namun ada baiknya tidak melupakan fungsi rumah untuk melindungi penghuni dari hujan. Berikan waterproofing pada dinding eksterior sehingga hunian aman dan tetap terlihat indah tanpa rembes.

Baca Juga: Beragam Cara Atasi Kebocoran pada Dak Beton 

Aplikasikan cat waterproofing

 

Hal ini penting karena dapat melindungi rumah dari masalah rembes pada dinding. Teruntuk kamu yang sedang mencari cat waterproofing bermutu tinggi, No Drop Cat Pelapis Anti Bocor adalah pertimbangan yang tepat. No Drop Cat Pelapis Anti Bocor merupakan salah satu produk cat dari Avian Brands sebagai Cat Pelapis No.1 di Indonesia. Sifatnya yang elastis, kedap air dan tahan cuaca, sehingga mampu mencegah kebocoran. Cat ini pun bisa kamu aplikasikan untuk berbagai permukaan seperti tembok, beton, asbes, plesteran dan galvanis/seng.