Masuk Musim Penghujan, Ketahui 4 Standar Atap Bebas Bocor

 

masuk musim penghujan, ketahui 4 standar atap bebas bocor 

 

 

Keberadaan atap sebagai penutup rumah nyatanya menjadi nilai tersendiri pada hunian. Selain memperindah rumah, atap juga memiliki fungsi penting sebagai pelindung rumah dari terpaan angin, panas maupun hujan. Saat musim hujan datang, jika atap tidak berfungsi dengan baik, maka bisa saja terjadi kebocoran. Untuk itu, sebaiknya perbaiki segera sebelum kerusakan atap bocor terjadi lebih parah.

 

 

 

 

 

 

Berikut empat standar kondisi atap yang aman untuk mencegah bocor:

Sambungan atap

sambungan atap 

 

Potensi kebocoran akan semakin rentan jika atap memiliki desain yang rumit. Hal ini menyebabkan banyaknya pertemuan atap dan sambungan, seperti bubungan dan jurai yang rawan bercelah. Celah terjadi karena campuran semen dan pasir yang tidak cukup elastis mengatasi segala perubahan cuaca dan pengerjaan pada sambungan yang kurang rapi. Agar tidak ada celah, sebaiknya gunakan lembaran khusus tahan air yang elastis atau material pelapis (flashing) pada sambungan.

Baca Juga: Beragam Cara Atasi Kebocoran pada Dak Beton 

Perhatikan pemasangan atap rumah (H2)

perhatikan pemasangan atap rumah 

 

Proses pemasangan atap yang kurang rapi bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran. Sebaiknya kamu pilih jenis penutup atap yang berkualitas dengan tingkat presisi tinggi agar dapat terpasang sempurna tanpa celah.

Kemiringan atap

kemiringan atap 

 

Kondisi atau bentuk atap yang landai dan terlalu datar akan menyebabkan aliran air terhambat atau bahkan tergenang di atap. Kemiringan atap yang ideal dan baik adalah 30 derajat hingga 40 derajat.

Baca Juga: Khawatir Rumah Bocor Di Musim Hujan? Simak Tipsnya Berikut Ini 

Tambahkan lapisan waterproofing

 

Satu hal yang juga perlu diutamakan pada atap adalah kualitas bahan atau material yang digunakan. Perbandingan yang tidak tepat akan membuat atap rentan rapuh terhadap perubahan cuaca. Untuk memperkuat atap rumah, kamu juga bisa menambahkan lapisan waterproofing pada seluruh permukaan atap. Gunakan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor, yang mampu melindungi rumahmu saat musim hujan tiba. Cat ini memiliki sifat elastis dan kedap air sehingga sangat cocok bila digunakan pada permukaan atap rumah, dak beton, galvanis/seng, tembok, asbes maupun terakota. Kemudian jika kamu menginginkan cat yang juga tahan lama, cat ini merupakan pilihan yang tepat, karena memiliki durabilitas tinggi dan lebih kuat. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir ketika cuaca yang tak menentu, No Drop Cat Pelapis Anti Bocor akan siap melindungi rumah kamu dari kebocoran.

Itulah, beberapa standar yang bisa kamu terapkan pada atap rumah saat musim hujan tiba, sehingga hunian akan tetap terasa aman, nyaman dan bebas bocor.