Yuk Ketahui Beberapa Titik Sumber Kebocoran pada Rumah

Yuk, Ketahui Beberapa Titik Sumber Kebocoran pada Rumah

 

yuk ketahui beberapa titik sumber kebocoran pada rumah

 

Kamu punya masalah dengan dinding rembes di musim penghujan? Rembes bahkan bocor memang sangat mengganggu kenyamananmu saat berada di rumah. Tak hanya membuat tidak nyaman, rembes atau bocor juga mengakibatkan kerusakan pada dinding.

Agar kerusakan tidak semakin parah, ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut, salah satunya ialah melakukan cek pada titik atau sumber kebocoran pada rumah.

Pengecekan rutin pada atap rumah

Atap rumah memang kerap menjadi sumber utama rembes atau bocor. Hal tersebut biasanya dikarenakan kemiringan atap yang terlalu landai. Sebab, idealnya standar kemiringan atap ialah 30-40 derajat. Jika terlalu landai akan rentan bocor, terlalu curam pun genting mudah lepas.

Selain kemiringan juga karena rangka atap, seperti pemasangan rangka yang tidak rata, sehingga rangka tidak mampu menahan beban penutup atap atau bisa juga karena kondisi rangka yang sudah rusak sehingga atap bermasalah.

Pengecekan pada dinding

Jika kamu membangun rumah di dalam hunian yang padat penduduk, sehingga membuat rumah harus dibangun saling menempel, sebaiknya cek celah antar dinding. Sebab, air biasanya masuk melalui celah antar dinding dan menyebabkan bocor. Sebaiknya segera tutup rapat celah pertemuan antar dinding hunianmu dengan hunian sebelah jika terdapat celah yang dapat membuat peluang air masuk. 

Pengecekan pada dak beton

Proses pemasangan dak beton yang kurang tepat membuat dak jadi rentan retak dan menjadi sumber bocor. Jadi, kamu sebaiknya betul-betul memperhatikan proses pemasangan dak beton secara benar. Perhatikan juga kemiringan dak beton, sehingga tidak menimbulkan genangan yang bisa membuat rembes maupun bocor.

Kamu perlu melapisi area tersebut dengan waterproofing. Namun, memilih waterproofing pun tidak boleh sembarangan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan zatnya, pertimbangkan juga merek atau brand demi kualitas dan hasilnya yang maksimal.

Kamu bisa mengaplikasikan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor dari Avian Brands. No Drop merupakan cat pelapis anti bocor dengan sifat elastisnya, kedap air serta sangat tahan terhadap segala cuaca yang dapat kamu aplikasikan pada dinding kamar mandi, dinding eksterior, wuwungan, atap, talang atau sambungan dan juga atap beton.

No Drop Cat Pelapis Anti Bocor mampu menutup celah dan pori sebagai titik rembes atau bocor sehingga dapat melindungi rumah. Cara pengaplikasikan No Drop tentunya mudah, simak berikut ini:

1.    Bersihkan seluruh perrmukaan dari kotoran, debu, karat, minyak, jamur dan cat yang sudah lapuk.

2.    Cairkan No Drop dengan air bersih sebanyak 10-20 % untuk lapisan pertama dan tanpa pengencer untuk lapisan kedua.

3.    Setelah itu, oleskan No Drop pada permukaan atap, beton atau dinding yang mengalami retak rambut dengan kuas cat yang lebih kecil dan bulu yang lebih halus agar celah terisi sempurna.

4.    Pastikan bidang yang akan dilapisi benar-benar kering. Selain itu, aplikasikan No Drop secara merata sehingga terlapisi sempurna.