Penyebab Kamar Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kamar Panas dan Cara Mengatasinya



Penyebab Kamar Panas dan Cara Mengatasinya - Kamar tanpa pendingin udara atau AC bukanlah satu-satunya penyebab suhu kamar terasa panas. Kamar panas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

Posisi kamar

Posisi kamar yang berada di sebelah Barat sangat memungkinkan membuat suhu udara di dalamnya menjadi lebih panas karena seringnya terpapar sinar matahari jika dibandingkan dengan sisi lainnya. Solusi yang bisa dilakukan adalah perlunya pendingin udara atau AC untuk membuat suhu panas di dalam kamar tetap berkurang.

Atap rumah

Faktor lain yang bisa membuat kamar menjadi panas yaitu atap. Pemilihan atap rumah yang salah dapat menyebabkan suhu ruangan di dalam rumah menjadi panas. Misalnya atap yang berbahan asbes, seng, atau material logam, dimana bahan tersebut mudah menyerap panas matahari. Untuk mengurangi suhu panas, sebaiknya gunakan genteng yang terbuat dari tanah untuk atap rumah.

Baca juga: Bikin Rumah Jadi Adem dengan Kaca Film

Ventilasi udara

Ventilasi jelas memiliki peran penting untuk membuat ruangan jadi sejuk dan nyaman. Ventilasi akan membantu pertukaran udara dari luar untuk masuk ke dalam ruang. Maka dari itu, mulailah untuk membuat ventilasi atau jendela untuk sirkulasi udara di dalam ruang kamarmu, sehingga kamar menjadi sejuk dan nyaman.

Rendahnya plafon

Rendahnya langit-langit atau plafon bisa menjadi sebab suhu ruangan menjadi panas. Standar ketinggian yang ideal untuk plafon berkisar 3 meter. Jika plafon di kamarmu kurang dari 3 meter, maka suhu panas di dalam kamar dapat meningkat.

Terlalu banyak barang

Tanpa kamu sadari, terlalu banyak barang di dalam suatu ruang bisa membuat kamar menjadi panas. Tumpukan barang di kamar dapat membuat sirkulasi udara terganggu, sehingga kamar terasa pengap dan sesak. Jadi, cobalah untuk mengurangi tumpukan barang di dalam kamar untuk sirkulasi udara yang baik.

Baca juga: Trik Bikin Rumah Jadi Adem di tengah Cuaca Panas

Warna cat dinding gelap

Agar kamar terasa sejuk hindari penggunaan warna cat dinding gelap. Gunakan cat warna cerah atau warna-warna pastel untuk membuat kamarmu menjadi lebih sejuk dan nyaman.

 

Selain itu, untuk meredam panas di dalam ruangan cat eksterior pun memengaruhi. Maka dari itu, gunakanlah cat dinding eksterior bermutu tinggi seperti Sunguard All-In-One yang dapat melindungi dinding rumah dari paparan sinar matahari, sehingga suhu panas tidak mudah terserap dan mempengaruhi ruangan di dalamnya.

 

Dengan berbahan dasar 100% superior akrilik sehingga Cat Tembok Eksterior Sunguard All-In-One dapat menahan panas dan membuat suhu ruangan 5˚C lebih sejuk dan warna tidak mudah pudar karena perlindungan yang luar biasa terhadap sinar UV.