Article

Sentuhan Warna-Warni Keindahan Alami Desa Pronojiwo Lumajang

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen setiap perusahaan untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini membuat Avian Brands, selaku produsen cat tanah air terus melakukan program CSR yang digelar secara berkelanjutan.

 

Sebelumnya, Avian Brands telah sukses menggelar program CSR yang bertajuk “Warna-Warni Kampung Wisata Teluk Seribu” di Balikpapan, serta program CSR “Pesona Warna-Warni Desa Wisata Rumah Domes, desa New Nglepen” di Yogyakarta. Kali ini, Avian Brands kembali menggelar program CSR untuk desa Pronojiwo Lumajang, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap keindahan alam dan potensi pariwisata di daerah tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Pada kegiatan CSR ini, Avian Brands menyediakan sebanyak 200Kg Avitex Cat Tembok, 100Kg Avitex Roof untuk cat genteng dan seng, dan 100Kg Avian Cat Kayu dan Besi, yang diterima langsung oleh warga desa Pronojiwo untuk kebutuhan proses pengecatan tersebut. “Warga disini telah menerima cat untuk memperindah rumah dan sekeliling desa kami. Selain itu, kegiatan ini sangat positif diberikan untuk pertumbuhan perekonomian dan tentunya pariwisata,” ujar Bu Ida Nuraini selaku Kepala Desa Pronojiwo.  

Sektor pariwisata yang mampu menghidupkan ekonomi masyarakat di sekitarnya, diposisikan juga sebagai sarana penting dalam rangka memperkenalkan budaya dan keindahan alam daerah terkait, hal ini serupa dengan nilai perusahaan Avian Brands untuk memberikan nilai lebih bagi semua pihak.

Dijelaskan oleh Feonaldi Indrawan, Deputy Marketing Director Avian Brands, “Hadirnya suasana warna-warni dalam setiap CSR yang dilakukan, menjadikan kami semakin dekat dengan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memberikan nilai lebih kepada Tanah Air, melalui pemberian cat berkualitas untuk mewarnai 23 rumah di desa Pronojiwo,” terangnya.

Keunikan yang dimiliki desa Pronojiwo memang berbeda dari lainnya, dengan sekeliling desa dan rumah warga yang berbentuk kontur (bertingkat-tingkat) membuat para wisatawan lokal maupun asing dapat menikmati keindahan alam serta fasilitas yang telah disediakan oleh warga sekitar.

Proses pengecatan dilakukan oleh seluruh warga yang didukung oleh para seniman agar kreativitas mereka dapat tersalurkan dengan baik. “Rumah dan sekeliling desa disini itu bertingkat-tingkat, sekarang menjadi lebih unik dan berwarna-warni untuk dinikmati oleh warga kami maupun masyarakat luar. Kita juga berharap semoga keindahan alam disini dapat

 

memperkenalkan desa kami kepada wisatawan lokal maupun asing,” ungkap Fahrizal Firmansyah, seniman desa Pronojiwo.

Program CSR Avian Brands untuk desa Pronojiwo ini sebagai wujud semangat CSR yang dilakukan Avian Brands dalam membantu perkembangan keindahan desa tersebut. “Kami yakin program CSR tersebut dapat mendorong perubahan serta menghadirkan dampak sosial yang positif di tengah-tengah masyarakat, ditambah juga ada komunitas seniman yang memiliki kreativitas dengan ide-ide menarik, tentu akan menjadikan Lumajang terlihat lebih berwarna”, tutup Feonaldi.